Rabu, 14 Desember 2011

rj45

Skema kabel UTP di RJ45

Karena masalah teknis yang berhubungan dengan maisyah sehingga membuatku sekarang tidak bisa online setiap hari, maka biar otakku ini tidak lemot :p alias lupa dengan tetek bengeknya komputer dan internet, untuk itu aku bermaksud mengabadikan ciee :p beberapa panduan tentang komputer yang sekiranya vital ke dalam blog ini. Memang sih semua data-data pribadiku yang berkaitan dengan dunia IT sudah aku backup. Masalahnya komputerku di rumah sudah lama aku jual sehingga aku tidak bisa membaca² kembali data² vital tersebut.
Sebagian besar data² pribadiku terutama yang ada kaitannya dengan IT sudah aku pindahkan ke beberapa emailku terutama email yang memiliki kapasitas besar semacam Yahoo! hehehe. Menyimpan data pribadi ke email cukup menolong buatku karena data tersebut bisa terselamatkan untuk jangka waktu lama hehehe (asal emailku sering aku cek/aktifin saja biar tidak di bekukan ~_~). Sebagian data-dataku ada juga yang aku burning ke dalam CD. Hanya saja untuk keamanan dataku di CD cukup ekstra waspada aku. Terutama harus selalu aku jauhkan dari jangkauan Naylin putriku yang cantik ^_^.

Back to topic, yang akan aku posting disini saat ini adalah skema pemasangan kabel UTP atau disebut juga kabel LAN di RJ45.
rj45
Sebenarnya untuk memasang kabel UTP di RJ45 menurutku cukup mudah. Kesulitannya adalah pada masalah kode warna yang ada di kabel UTP :p karena ada rumusnya sendiri hehe. Dibawah ini adalah gambar-gambar untuk menunjukkan posisi tiap warna di kabel UTP yang harus dimasukkan ke dalam tiap port di RJ45.
rj45
rj45
rj45
Nach dengan ini cukup membantu buatku kalau suatu saat aku lupa urutan pemasangan kabel UTP di rj45 @_@.
Semoga dunia IT di Indonesia jaya.
  1. alen
    plase send for me comment telnet tanks
  2. agus
    pengasuh technocell yang terhormat, saya numpang tanya. apakah setiap warna dari kabel utp memiliki fungsi/maksud tersendiri?
    sekian terima kasih.
  3. hai.. saya mau tanya, apakah Serial Connection dengan menggunakan RS-232 pada Windows XP bisa nerima lebih dari 1 client?
    Apakah RS-232 bisa di Hub?
  4. sulis
    thanks
    tapi ku masuh bingung
    pemasangannya ethernet crossover cable n
    ethernet patch cable n
    standar eia/tia t568a & b digunakan dgn hub atau tidak
    thanks atas jawabanya
  5. newbie juga he..he..he
    Suhu !!!!….
    nanya nih… aku barusan pasang kabel jaringan +/- 11 meter, urutan warna kabel standard kayak biasanya aku pasang. tapi kenapa koq speednya cuma dapet 10, bukan kayak yg laen saya dapet 100, tapi kalo aku pindah pc ke kabel laen koq dapet 100 ya?… sebagai info aku biasanya pake cat 5, tp ini pake cat 6 yg untuk 1000…. makasih atas pencerahannya….
  6. Handal juga ya kamu tentan LAN
  7. ayu
    mau tanya apa setiap warna kabel itu ada fungsinya, tolong jawabannya kirim langsung ke e-mail saya karena tugas dari sekolah terima kasih!!!
  8. am
    Thank ya informasinya.. Membantu bgt..
  9. nak tahu lebih lanjut tentang fungsi warna pada kabel utp
  10. klu cpe2 tau mail sy kt brg_6 k.
  11. mbah surip
    ko ga dijawab mas..cuman bisa posting doang ya
  12. abang
    Great Post!
    Saya bookmark ya buat dokumentasi juga…
  13. salam kenal
    mau nanya apa fungsi warna pada kabel rj45 mohon penjelasannya ? terim kasih atas perhatiannya….
  14. Anonymous
    biasa na pemasangan kabel UTP ada 2 macam kan?
    1 straight, pemasangan kabel UTP khusus untuk menghubungkan dari LAN card ke LANcard, hanya untuk 2 komputer saja
    1 ke 1
    2 ke 2
    3 ke 3
    4 ke 4
    5 ke 5
    6 ke 6
    7 ke 7
    8 ke 8
    2 cross, pemasangan kabel UTp untuk menghubung ka banyak komputer melalui kabel UTP ke HUB, n biasanya di pakai untuk membuat sebuah server dan beberapa client.
    oren
    oren p
    hijau
    biru putih
    biru
    hijau putih
    itu kan?
  15. http://dikrivan.blogspot.com/
    makasih atas tulisannya sangat bermanfaat sebagi bahan tugas saya.
    terus berkarya pak
  16. Review materi. Thanks yaw?

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:
    Gravatar
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar